Sistem
pakar
Sistem pakar adalah orang ahli dalam
suatu bidang.
Sistem pakar adalah suatu sistem yang dapat memcahkan masalah dan mendapatkan hasil dari masalahnya.
Diagram sistem pakar :
User >> interface >> analisi masalah (masalah si user) >> pengetahuan pemecahan masalah (hasil dari sistem pakar).
Keuntungan :
1.Bertambahnya ilmu untuk memecahkan suatu permasalahan
2.Cost (biaya) yang rendah
3.Performance / kinerja (melakukan aplikasi dengan cepat dan hasil yang tepat)
4.Cepat (penghematan waktu)
Konsep umum sistem pakar :
1.Proses pembuatan sistem pakar
-Knowladge (pengetahuan dalam pemecahan masalah)Human enginering (ahli pakarnya) knowladge enginering(proses di atas merupakan proses penanyaan untuk memastikan hasil dari databasenya)
SISTEM PAKAR <<<<<< TUGAS
Sebelum kita menuju ke pokok maslah , kita ingin emndefinisikan apakah itu SISTEM PAKAR , Sistem pakar Adalah suatu sistem yang dapat memcahkan masalah dan mendapatkan hasil dari masalahnya.
Klasifikasi sistem pakar :
1. Control (sistem pengecekan) : loop terbuka dan tertutup
- Loop terbuka (melakukan analisis diluar sistem)
Contoh : penggunanya
- Loop tertutup (analisis di dalam sistemnya)
Contoh : sistemnya
2. Debugging (pengecekan masalahnya)
3. Design (rancangan pembentuk)
4. Diagnosa (memeriksa sistemnya berfungsi atau tidak)
5. Help (dokumentasi sistem pakar / cara pakai)
6. Planning (perencanaannya)
7. Prediksinya (hasilnya bisa dipecahkan atau tidak)
8. Reparasi (memperbaiki sebuah sistem)
9. Configuration (setting dari sistemnya
Contoh yang kita ambil dalam permisalaan sistem pakar ini adalah SISTEM PAKAR DALAM PENAGANAN WARUNG INTERNET ( WARNET )
A. Permasalahan dalam penanganan warnet :
1. Mengapa Jaringan internet lambat ?
2. Mengapa Aksesoris seperti keyboard dan mosue sering mengalami kerusakan ?
3. Adakah penyalah gunaan situs terlarang ?
4. Apakah kebersihan warnet mempengaruhi konsumen ?
B. Penyebab masalah dari penanganan warnet :
1. Dikarenakan terlalu banyaknya proses browsing & kurangnya kapasitas bandwitch dari warnet tersebut.
2. Banyaknya User / konsumen yang tidak memperhatikan penggunaan keyboard dan mosue.
3. Kurang adanya kedisiplinan dari para user.
4. Membuang sampah sembarangan sehingga warnet menjadi kotor dan kurang nyaman untuk digunakan oleh user/konsumen yang lain.
C. Penyelesain masalah :
1. Menambahkan bandwitch kekapasitas yang lebih besar local dan internasional agar dalam melakukan browsing dan game online tidak terjadi hambatan .
2. Mengingatkan user/konsumen agar lebih berhati-hati dan menjaga dalam penggunaan keyboard dan mouse.
3. Memberikan pengumuman dalam bentuk tulisan di setiap blok2 dari setaip unit computer tentang penyalah gunaan situs terlarang.
4. Menambahkan pekerja khusus untuk menjaga kebersihan dari warnet. Dan memberi penegasan kepada pengguna warnet untuk selalu menjaga kebersihan warnet.
D. Hasil dari penyelesain masalah :
1. Jaringan internet menjadi lebih cepat. Baik digunakan untuk browsing maupun digunakan untuk permainan game online.
2. Keyboard dan mouse bisa digunakan untuk waktu yang lebih lama.
3. Pengguna yg lain nyaman untuk melakukan aktifitas di dalam warnet.
4. User/konsumen menjadi nyaman untuk menggunakan fasilitas warnet dan bisa menarik lebih banyak user/konsumen dikarenakan kenyamanan warnet itu sendiri.
Sistem pakar adalah suatu sistem yang dapat memcahkan masalah dan mendapatkan hasil dari masalahnya.
Diagram sistem pakar :
User >> interface >> analisi masalah (masalah si user) >> pengetahuan pemecahan masalah (hasil dari sistem pakar).
Keuntungan :
1.Bertambahnya ilmu untuk memecahkan suatu permasalahan
2.Cost (biaya) yang rendah
3.Performance / kinerja (melakukan aplikasi dengan cepat dan hasil yang tepat)
4.Cepat (penghematan waktu)
Konsep umum sistem pakar :
1.Proses pembuatan sistem pakar
-Knowladge (pengetahuan dalam pemecahan masalah)Human enginering (ahli pakarnya) knowladge enginering(proses di atas merupakan proses penanyaan untuk memastikan hasil dari databasenya)
SISTEM PAKAR <<<<<< TUGAS
Sebelum kita menuju ke pokok maslah , kita ingin emndefinisikan apakah itu SISTEM PAKAR , Sistem pakar Adalah suatu sistem yang dapat memcahkan masalah dan mendapatkan hasil dari masalahnya.
Klasifikasi sistem pakar :
1. Control (sistem pengecekan) : loop terbuka dan tertutup
- Loop terbuka (melakukan analisis diluar sistem)
Contoh : penggunanya
- Loop tertutup (analisis di dalam sistemnya)
Contoh : sistemnya
2. Debugging (pengecekan masalahnya)
3. Design (rancangan pembentuk)
4. Diagnosa (memeriksa sistemnya berfungsi atau tidak)
5. Help (dokumentasi sistem pakar / cara pakai)
6. Planning (perencanaannya)
7. Prediksinya (hasilnya bisa dipecahkan atau tidak)
8. Reparasi (memperbaiki sebuah sistem)
9. Configuration (setting dari sistemnya
Contoh yang kita ambil dalam permisalaan sistem pakar ini adalah SISTEM PAKAR DALAM PENAGANAN WARUNG INTERNET ( WARNET )
A. Permasalahan dalam penanganan warnet :
1. Mengapa Jaringan internet lambat ?
2. Mengapa Aksesoris seperti keyboard dan mosue sering mengalami kerusakan ?
3. Adakah penyalah gunaan situs terlarang ?
4. Apakah kebersihan warnet mempengaruhi konsumen ?
B. Penyebab masalah dari penanganan warnet :
1. Dikarenakan terlalu banyaknya proses browsing & kurangnya kapasitas bandwitch dari warnet tersebut.
2. Banyaknya User / konsumen yang tidak memperhatikan penggunaan keyboard dan mosue.
3. Kurang adanya kedisiplinan dari para user.
4. Membuang sampah sembarangan sehingga warnet menjadi kotor dan kurang nyaman untuk digunakan oleh user/konsumen yang lain.
C. Penyelesain masalah :
1. Menambahkan bandwitch kekapasitas yang lebih besar local dan internasional agar dalam melakukan browsing dan game online tidak terjadi hambatan .
2. Mengingatkan user/konsumen agar lebih berhati-hati dan menjaga dalam penggunaan keyboard dan mouse.
3. Memberikan pengumuman dalam bentuk tulisan di setiap blok2 dari setaip unit computer tentang penyalah gunaan situs terlarang.
4. Menambahkan pekerja khusus untuk menjaga kebersihan dari warnet. Dan memberi penegasan kepada pengguna warnet untuk selalu menjaga kebersihan warnet.
D. Hasil dari penyelesain masalah :
1. Jaringan internet menjadi lebih cepat. Baik digunakan untuk browsing maupun digunakan untuk permainan game online.
2. Keyboard dan mouse bisa digunakan untuk waktu yang lebih lama.
3. Pengguna yg lain nyaman untuk melakukan aktifitas di dalam warnet.
4. User/konsumen menjadi nyaman untuk menggunakan fasilitas warnet dan bisa menarik lebih banyak user/konsumen dikarenakan kenyamanan warnet itu sendiri.
0 comments:
Post a Comment